Semangat di tempat Kerja

Pernahkan anda merasa lelah dan kehilangan di tempat kerja? Pernahkah anda merasa lemah dan tidak berdaya, seperti roda kecil dalam mesin yang sangat besar? Apakah anda benar-benar ingin merasa bahagia di tempat kerja?

"Kebahagiaan di tempat kerja sukar untuk dipahami," kata Dr. Kerry J. Sulkowicz, seorang psikiatris. Sulkowicz mengajarkan bahwa tujuan yang terbaik adalah menikmati pekerjaan anda dan berusaha keras mendapatkan hasil kerja yang baik. Itu lebih realistis. Kenapa? Kebahagian itu kompleks. Kebahagiaan sulit untuk bertahan lama. Terkadang kebahagiaan itu pasang surut seiring dengan bergantinya orang-orang disekeliling anda. Pada ahirnya, bagaimana pun juga, kebahagiaan harus datang dari dalam diri.

Kata pepatah "Jangan memaksa memasukkan semua telurmu ke dalam satu keranjang" memiliki aplikasi disini. Anda akan merasa lebih bahagia jika anda memiliki berbagai macam hubungan dan lingkungan dimana anda bisa beralih dari satu ke yang lain saat anda stres.



Anda mungkin mengalami pergolakan di rumah dan hubungan di kantor membantu anda melewatinya. Sebaliknya, ketika terjadi kekacauan pada satu hal di kantor, hubungan personal atau di rumah mungkin dapat membuat anda bertahan. Secara emotional ada keinginan besar untuk memilki berbagai macam kelompok sosial, asosiasi, kelompok kerja, dan lingkungan yang mendukung dan membuat anda bertahan ketika secara emosional anda merasa ada yang janggal dalam dunia ini.

Dalam pencarian kebahagiaan yang paling penting adalah memahami akar penyebabnya. Ketika sudah diketahui, akar penyebab memberikan anda petunjuk kenapa anda merasa lemah dan tidak berdaya. Dengan begitu anda akan mengetahui apa yang menjadi masalah anda dan cara anda mengatasinya sehingga anda bisa mendapatkan kebahagiaan tersebut.

Naik dan turunnya kehidupan pekerjaan tidak bisa dihindari. Mencari kebahagiaan tanpa tujuan dalam hal apapun di pekerjaan membuat anda merasa lelah dan kehilangan. Kebagiaan anda tidak bisa didasarkan atas garis dasar perusahaan anda atau harga saham perusahaan anda. Jika hal tersebut yang membuat anda dulu merasa bahagia, maka kebahagiaan anda akan naik turun seperti sebuah yo-yo. Memahami siapa diri anda, mengenali kekuatan anda, dan mengidantifikasi kontribusi anda membuat anda lebih mudah untuk mempertahankan energi, kekuatan, dan posisi anda sebagai roda kecil yang vital dalam proses perputaran dalam perusahaan dan di dunia. Anda akan merasa lebih bahagia dan lebih produktif.

Tips untuk menjadi bahagia di lingkungan pekerjaan:

1. Asah identitas anda. Ketahui siapa diri anda yang sebenarnya dan pahami kekuatan dalam diri anda.
2. Kelilingi diri anda dengan teman-teman dan relasi di berbagai macam lingkungan.
3. Cari tahu akar penyebab dari ketidakbahagiaan dan stres anda. Kenali dan pilih untuk menerimanya atau secara proaktif mencari cara untuk mengatasinya.
4. Berusaha dengan keras untuk keunggulan dan produktivitas yang konsisten.

No comments:

Post a Comment

Komentar Anda :