Surat Lamaran Kerja

Jika Anda ingin menulis surat lamaran, dari sebuah iklan surat kabar tentang lowongan kerja tentu anda akan berpikir bagaimana sebaiknya menulis lamaran kerja jika Iklan pekerjaan meminta CV yang lengkap dari para pelamar yang merasa sesuai untuk posisi tersebut. Apakah maksudnya........?

Perusahaan tidak akan menyukai pernyataan yang berlebihan, penataan yang buruk, kesalahan pengejaan/struktur kalimat serta informasi yang tidak lengkap. Perusahaan akan terlebih dulu tertarik pada lamaran yang ditulis atau diketik dengan rapih, yang struktur kalimatnya teratur. Lalu perusahaan juga ingin mengetahui tentang si pelamar, yaitu, seperti apakah orang itu, apa saja kemampuannya, dan bagaimana orang tersebut akan melakukan pekerjaan pada posisi tersebut.

Sebagai pendahuluan, lamaran tersebut harus meliputi surat dan daftar riwayat hidup (CV). Surat

Surat lamaran – yang dimaksud untuk menunjukkan kecocokan si pelamar pada pekerjaan yang diiklankan – tidak boleh lebih dari satu halaman, harus ditulis dalam format bisnis resmi dan harus meliputi rincian berikut:


* Nama, alamat dan tanggal si pelamar;
* Nama perusahaan, personal & departemen yang dituju dan alamat perusahaan;
* Panggilan (nama belakang, jika diketahui, atau Bapak/Ibu);
* Pembukaan, memberitahu si pemberi pekerjaan tentang pekerjaan yang dilamar;
* Badan surat, dengan penjelasan yang sangat singkat tentang pengalaman dan keberhasilan yang sesuai dengan persyaratan yang tertera pada iklan;
* Penutup, dengan permintaan wawancara untuk penilaian secara pribadi.

Daftar Riwayat Hidup (CV)

CV – yang merupakan ringkasan kualifikasi, pengalaman dan keberhasilan si pelamar, harus mudah dimengerti dan disajikan secara wajar dan teratur. CV ini harus mencakup rincian berikut:

* Rincian pribadi – seperti nama lengkap, usia, jenis kelamin, status, alamat dan nomor telepon;
* Kualifikasi pendidikan – seperti tanggal dan hasil ujian, pelatihan khusus dan pengetahuan yang diperoleh, bidang spesialisasi, jenis kualifikasi dan penghargaan;
* Pengalaman kerja – didaftar mulai dari pekerjaan terakhir hingga terdahulu serta tahun-tahun kerjanya – seperti lingkup kerja, kewajiban, tanggung jawab, keahlian (dalam pekerjaan dan hubungan antar pribadi) dan keberhasilan-keberhasilan. Karena ini merupakan bagian yang terpenting dari CV, maka informasi yang diberikan tidak boleh berantakan dan terlalu panjang;
* Latar belakang pribadi – seperti minat dan aktifitas yang tidak berhubungan dengan pekerjaan, atribut yang menunjang pengalaman kerja dan hubungan sosial/kewarganegaraan;
* Referensi – dari orang-orang yang dapat dihubungi si pemberi pekerjaan untuk memastikan kebenaran informasi yang diberikan.



Lamaran yang baik dapat memaparkan keberhasilan-keberhasilan si pelamar, memaparkan kepribadiannya dan menjadikannya kandidat yang paling sesuai untuk pekerjaan tersebut.
Semoga bermanfaat..!!!!!

1 comment:

Komentar Anda :